14 April 2013

Review: Bintang Raya.com

Lagi mau belajar menulis review nih, jadi mohon maaf ya kalau masih banyak terjadi kesalahan. Kelinci percobaan pertama dalam review ini adalah sebuah toko komputer bernama Bintang Raya.com. Toko ini terletak di kawasan pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas. Alasan saya memilih toko ini sebenarnya simpel saja, karena saya pernah beberapa kali berbelanja di sana.

Sudah cukup banyak barang yang saya beli dari Bintang Raya.com, diantaranya modem speedy, mouse, stik game, Pelindung Layar Laptop, Kabel data, modem TP Link, dan lain-lain (saya lupa yang lainnya, hehehe). Dari segi harga cukup bersaing, paling tidak jika saya bandingkan dengan Bhinneka.com. Tapi setelah saya perhatikan untuk harga, sepertinya Bintang Raya.com mempunyai taktik marketing tersendiri. Pertama, harga yang tercantum di barang pasti mempunyai selisih yang cukup signifikan dari harga yang ditawarkan oleh sales Bintang Raya.com. Pada awalnya saya sebagai pembeli tentu merasa senang karena bisa membeli barang seharga 20.000,- tapi di tempelan harga di barang tercetak 40.000,- misalnya. Tapi setelah berulang kali membeli disana, tentunya menjadi biasa saja. Ah, tempelan harga yang lebih tinggi ternyata hanya taktik marketing saja rupanya, begitu pikir saya saat ini.

Kedua, jangan pernah malu untuk menawar di Bintang Raya.com, saya punya kejadian yang menurut saya lucu. Ketika itu saya mau membeli pelindung layar untuk laptop saya, pada awalnya sales menawarkan harga 45.000 sekalian pasang, tapi setelah saya bilang mau pasang sendiri harga menjadi 20.000,- deal, saya pun membeli barang tersebut. Lain hari saya mau membeli barang yang sama, sales yang berbeda menawarkan harga 25.000,-. Hanya selisih beberapa hari kok terjadi kenaikan harga. Setelah nawar cukup lama tetap tidak dapat penurunan harga, pas saya mengatakan sudah pernah beli barang yang sama dengan harga 20.000,- dengan sales yang berbeda. Akhirnya sales yang ini menyerah juga dengan harga 20.000,-.

Kejadian lain adalah ketika saya ingin membeli kabel data. Saya membeli kabel data dengan colokan micro sd, dapat di harga 15.000,- kemudian saya membeli kabel mini sd, salesnya mengatakan kalau yang mini sd harganya 20.000,- karena memang bentuk kabelnya sedikit lebih bagus yang mini sd, saya pun percaya saja tidak pakai tawar lagi. Lain hari, saya ingin membelikan kabel data mini sd untuk pacar saya, dengan sales yang berbeda dapat di harga 15.000,-. Ya walau selisih hanya 5000,- saja tetap saja ada rasa kesal, beli barang di toko yang sama namun bisa dapat harga yang berbeda hanya karena sales yang menawarkan berbeda. Apa tidak ada SOP yang jelas tentang harga, sehingga menawar 5000,- saja terasa sulit sekali di sales yang satu, tapi di sales yang lain ternyata bisa dapat dengan selisih 5000,- lebih murah tanpa perlu menawar. Contoh yang saya berikan memang bernilai kecil karena barang yang saya beli memang barang yang tidak mahal. Namun seharusnya untuk barang yang seperti ini diberi harga fix saja dan tidak perlu pakai acara tawar menawar. Jujur saja, kejadian seperti ini membuat saya berpikir dua kali untuk membeli barang yang lebih mahal, yang pada akhirnya membuat saya mengurungkan niat saya membeli notebook di Bintang Raya.com.

Ada kekurangan, tentu saja ada kelebihannya, hehehe.... Salah satu kelebihan di Bintang Raya.com adalah biasanya Bintang Raya.com memberi garansi toko 3 hari untuk setiap barang yang kita beli. Saya sudah pernah mencoba dengan menukar stik game yang saya beli, ternyata langsung ditukar dengan yang baru. Man tap .

Sekian review singkat saya mengenai toko komputer Bintang Raya.com

4 komentar:

  1. Halo Pak Satriyo....saya baru melihat review Anda ini..saya selaku pimpinan BintangRaya.Com berterima kasih atas review Anda ini. dan juga kritik2 Anda saya anggap sebagai bentuk perhatiaan pelanggan2 kami utk membuat kami berusaha untuk lebih baik.
    perkenankan saya untuk menjelaskan sedikit mengenai hal yang Anda hadapi sebagaimana tertera di review Anda. memang hal ini terjadi sudah cukup lama dan saya memang jarang menulusuri google.
    utk harga yg tinggi tertera pada barcode bukan sebagai taktik atau strategi marketing kami. hrg yg tertera merupakan hrg SRP atau harga standar yg ditentukan supplier utk dijual dipasaran atau perkiraan kami sebagai harga yg memang dijual dipasaran terutama peritel modern. dana kenyataan dipasar memang ada toko yg menjual dibawah hrg tersebut ataupun diatas harga tersebut. itu hanya sebagai patokan bagi internal kami utk tidak menjual hrg lebih tinggi dari harga yg tertera di barcode kami. ( kecuali kasus khusus seperti kenaikan harga ) . dan jika Anda berkenan Anda bisa mengsurvey lagi ke outlet kami, biasanya harga yg tawarkan sebagai harga jual sales2 kami biasanya selalu dibawah harga yg tertera. jadi bukan harga barcode yg kami sebut sebagai harga jual kami.jadi tidak ada taktik utk meninggikan harga lalu silahkan pelanggan menawar. kami selalu menyesuaikan dgn harga pasaran. kamipun tidak menutup diri jika ada pelanggan yg menawar, krn memang sudah menjadi budaya keseharian kita.

    utk kasus perbedaan harga utk barang yg sama dalam beberapa hari. ada kemungkinan terjadi kenaikan harga pada saat pembelian kedua. memang kenaikan harga tidak dapat kami prediksi. outlet kami menganut sistem mengikuti harga pasar. disaat hrg naik ,otomatis kami akan menaikan hrg, begitupun ketika harga turun. kamipun akan langsung menurunkan harga. jadi kenaikan harga itu bisa terjadi dalam waktu 1 hari, ketika info dari supplier harga naik maka hari itu juga naiklah hrg produk tersebut. (mungkin kalau di ilustrasikan seperti harga pertamax). dan kami sudah menjalankan sistem seperti ini sejak awal pembukaan outlet kami karena banyak produk kami yg tergantung kurs dollar US.
    kemudian ketika Bapak menjelaskan bhw sudah membeli beberapa hari yg lalu ,sales kami akhirnya memberikan hrg yg sama. ini adalah pertimbangan kami sebagai penjual bhw kami hrs memberikan pengecualian2 dalam kasus2 tertentu.seperti kasus Bpk Satriyo ini. intinya kami tidak ingin mengecewakan pelanggan yg sering berbelanja di tempat kami. sehingga memberikan harga yg seharusnya sudah naik dgn harga yg lama.
    semoga penjelasan ini bisa menjawab hal-hal yg tidak berkenan selama Anda berbelanja di outlet kami
    yang saya salut dari ulasan ini adalah ada unsur yang sangat "fair" ketika Anda meng review kekurangan tetapi juga memasukan kelebihan dari object yang Anda pakai utk review Anda ini.
    terima kasih Pak utk review ini, kami selalu siap menerima semua saran dan kritikan agar kami bisa lebih baik lagi.
    Keep Posting Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ pak john untuk bintang raya.com itc cempaka mas bisa melayani service laptop asus tidak ya kebetulan saya beli laptop asus ini disitu cuman saya lupa tanggal dan bulannya .buku garansi masih saya pegang kira kira service untuk menghapus bios dan mereset user account control yg selalu muncul saat saya mau mendownload file kena biaya berapa ya? Soalnya saya sudah tidak bekerja lagi.ditangan saya hanya ada 100 ribu saja.trims mohon dibalas ya pak john

      Hapus
    2. @ pak john untuk bintang raya.com itc cempaka mas bisa melayani service laptop asus tidak ya kebetulan saya beli laptop asus ini disitu cuman saya lupa tanggal dan bulannya .buku garansi masih saya pegang kira kira service untuk menghapus bios dan mereset user account control yg selalu muncul saat saya mau mendownload file kena biaya berapa ya? Soalnya saya sudah tidak bekerja lagi.ditangan saya hanya ada 100 ribu saja.trims mohon dibalas ya pak john

      Hapus
  2. pak kira kira kalau servis laptop terpercaya ga ya? saya takut ada yg d tuker isinya.

    BalasHapus